Langsung ke konten utama

Ilmu Komunikasi


Nama         : Rusyanti
Nim            : 041149695
Jurusan      : Teknologi  Pendidikan
Upbjj          : Bogor
Tugas 3
Ilmu Komunikasi
Struktur jaringan komunikasi seperti apa yang baik di terapkan dalam suatu organisasi?
 Jaringan merupakan system dari garis komunikasi yang berhubungan dengan pengirim dan penerima dalam sebuah fungsi sosial organisasi, yang mempengaruhi prilaku individu yang bekerja di dalamnya dan posisi individu yang bekerja dalam jaringan tersebut, yang mengandung informasi dan ia mencerminkan interaksi formal antar organisasi. Suatu jaringan dalam sosologi lazim di konsepsikan sebagai suatu tipe hubungan di tandai dengan interaksi timbal balik yang simetris, setiap hubungan yang terjalin dalam masyarakat adalah suatu bentuk jaringan IF ( The Building Blok Of Network ) karena itu dasar hubungan sosial yang berbeda yang akan melahirkan jaringan yang berbeda pula.
Stuktur jaringan komunikasi yang baik dan di terapkan dalam suatu organisasi ada beberapa di antaranya :  
1.       Struktur Lingkaran
Sebuah organisasi yang tidak memiliki pimpinan  karena semua anggota posisinya sama, dan memiliki wewenang atau kekuatan yang sama untuk mempengaruhi kelompok, komunikasi lingkaran ini semua anggota bisa berinteraksi tetapi tanpa ada kelanjutannya pada tingkat yang lebih tinggi, dan hanya terbatas pada setiap level dan pada intinya setiap anggota bisa berkomunikasi dengan dua anggota lain di sisinya.
2.       Struktur Roda  
Struktur roda, sebuah organisasi yang memiliki pemimpin yang jelas yaitu posisinya di pusat, dan memasukan satu orang yang berkomunikasi dengan masing-masing orang dari sejumlah orang lainya, satu orang tersebut adalah pemimpin  dan pemimpin ini merupakan satu-satunya yang dapat mengirim atau menerima pesan dari semua anggota, oleh karena itu jika seorang anggotanya berkomunikasi dengan anggota lain maka pesannya harus disampaikan melalui pemimpinnya dan orang berada di tengah(pemimpin) mempunyai wewenang dan kekuasaan penuh mempengaruhi anggotanya, penyelesaian masalah dalam struktur ini bisa di bilang cukup efektif namun keefektifanya hanya mencakup masalah yang sederhana saja.  
3.       Struktur Y ( Y Network )
Stuktur  Y relative kurang tersentralasasi di bandingkan karakteristik individu dan prilaku komunikasi dalam struktur roda, tetapi lebih tersentralasasi di banding lainnya, jaringan Y memasukan dua orang sentral yang menyampaikan informasi kepada  yang lainnya pada batas luar suatu pengelompokan, pada struktur ini  sejumlah saluran di batasi dan komunikasi bersifat disentralisasi atau di pusatkan. Orang hanya bisa berkomunikasi secara resmi dengan orang – orang tertentu saja , dan dalam struktur Y juga terdapat pemimpin yang jelas, tetapi semua anggota lain berperan sebagai pemimpin kedua. Anggota ini dapat mengirim dan menerima pesan dari dua orang lainnya, sedangkan ketiga anggota lainnya terbatas hanya dengan satu orang saja.

4.       Struktur Bintang ( Pinwheel Network )
Struktur bintang hamper sama dengan struktur lingkaran. Dalam arti semua anggota adalah sama dan semuanya memiliki kekuatan yang sama untuk mempengaruhi anggota lainnya, pada jaringan ini seluruh saluran terbuka, setiap orang berkomunikasi dengan setiap orang lainnya dan memberikan contoh suatu struktur komunikasi yang disentralisasikan ( jaringan terpusat ) memiliki kegunaan berbeda dan struktur ini dapat lebih efektif untuk memecahkan masalah secara kreatif dan lebih bagus untuk pergerakan informasi secara cepat.
Kesimpulan
Tidak ada struktur komunikasi yang paling baik. Struktur jaringan tidak bisa di nilai dari segi definisasinya melainkan bagaimana struktur jaringan tersebut di gunakan dan di jalankan dalam sebuah organisasi, bila struktur jaringan komunikasi di gunakan dalam system organisasi yang baik dan sesuai kinerja organisasi baik dalam kepemimpinan maupun aktifitas anggota lainnya maka struktur jaringan komunikasi tersebut akan di nilai baik begitu pula sebaliknya.
Alasan apa yang melatarbelakangi anda memilih struktur jaringan tersebut?
Karena dari ke 4 struktur jaringan komunikasi di atas adalah yang ada dalam kehidupan saya sehari – hari.
Terimakasih



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Daftar Peserta UN Tahun 2020

Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 dapat di cek di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2019 / 2020 melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/, atau cek Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2020 di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Dengan mengecek Data siswa yang akan mengikuti UN di sekolah Anda tentunya ini akan membantu melihat apakah ada data siswa di sekolah Anda yang masih salah atau sudah benar semua, jika memang data siswa di sekolah Anda ada yang masih salah tentunya dengan segera dilakukan Perbaikan melalui Aplikasi Dapodik oleh Operator Dapodik PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Operator sekolah/PKBM Pusat Kegiatan Be

PENDAFTARAN PAKET ABC

TELAH DI BUKA PENDAFTARAN TAHUN AJARAN BARU  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM Manunggal Nusantara Cyberschool (MNC) Untuk persiapan UJIAN NASIONAL  Syarat Untuk mendaftar Paket C ( Setara SLTA ) Lulus SMP minimal 3 tahun kebelakang sebelum tahun ajaran mengikuti UN. Contoh: untuk UN 2018 maka harus lulus SMP minimal 2015 kebelakang, 2000, 1995, dst bisa Harus mempunyai Ijazah SMP  Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan Foto Copy Ijazah SMP di Legalisir ASLI sebanyak 5 lembar, fotocopy 3 lembar  Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (5 lembar), 3×4 (8 lembar), 4x6 (2 lembar) berpakaian kemeja putih polos, latar belakang warna merah dan hitam putih Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan  Usia calon siswa tidak dibatasi  (usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas)  Juga menerima Siswa Drop Out SMA/SMK atau Tidak Lulus SMA/SMK . SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN Mengisi Form Pendaftaran  di menu Klik Daftar/submit  sesuai dengan Kelas Wajib

PETUNJUK TEKNIS PENDIRIAN PKBM

PETUNJUK TEKNIS PEMBENTUKAN/PENDIRIAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) I. SOSIALISASI A. Tujuan Sebelum suatu PKBM didirikan di suatu komunitas/kampung/desa perlu dilakukan sosialisasi PKBM kepada seluruh anggota komunitas/kampung/ desa dengan tujuan : 1. Memahami PKBM secara utuh. 2. Memiliki kesadaran akan pentingnya peranan PKBM bagi peningkatan kualitas hidup mereka. 3. Memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam pendirian, pengelolaan dan pengembangan PKBM di komunitas/kampung/desanya. B. Materi Hal-hal yang harus diinformasikan dalam kegiatan sosialisasi PKBM adalah : 1. Konsep PKBM 2. Ruang lingkup dan prinsip-prinsip pendidikan luar sekolah, pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat. 3. Contoh-contoh PKBM yang sudah lebih dahulu berkembang. 4. Manfaat PKBM bagi masyarakat setempat. 5. Proses pendirian dan pengelolaan PKBM. C. Sasaran Yang menjadi sasaran sosialisasi PKBM adalah seluruh anggota komunitas/kampung/desa, terutama :