Langsung ke konten utama

Masyarakat Beradab, Peran Umat Beragama, Hak Asasi Manusia,dan Demokrasi

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 

Masyarakat Beradab, Peran Umat Beragama,  Hak Asasi Manusia,dan Demokrasi

Masyarakat Beradab dan  Sejahtera
Masyarakat adalah sejumlah individu  yang  hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu, bergauldalamjangkawaktu yang lama sehingga menimbulkan kesadaran pada diri setiap anggotanya sebagai suatu kesatuan.Asal usul pembentukan masyarakat bermula dari fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain. 

Dari fitrah ini kemudian mereka berinteraksi satu sama lain dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan hubungansosial yang pada gilirannya menumbuhkan kesadaran akan kesatuan. Untuk menjaga ketertiban dari pada hubungan sosial itu, maka dibuatlah sebuah peraturan Dalam perkembangan berikutnya,seiring denganberjumlahnyaindividu yang menjadianggotatersebutdanperkembangankebudayaan, masyarakatberkembangmenjadisesuatu yang kompleks. Makamuncullahlembagasosial, kelompoksosial, kaidah-kaidahsosialsebagaistrukturmasyarakatdan proses sosialdanperubahansosialsebagaidinamikamasyarakat. Atasdasaritu, paraahlisosiologimenjelaskanmasyarakatdariduasudut: strukturdandinamika.
Masyarakatberadabdansejahteradapatdikonseptualisasikansebagai civil society ataumasyarakatmadani.Meskipunmemelikimaknadansejarahsendiri, tetapikeduanya, civil society danmasyarakatmadanimerujukpadasemangat yang samasebagaisebuahmasyarakat yang adil, terbuka, demokratis, sejahtera, dengankesadaranketuhanan yang tinggi yang diimplementasikandalamkehidupansosial.
Prinsipmasyarakatberadabdansejahtera (masyarakatmadani) adalahkeadilansosial, egalitarianisme, pluralisme, supremasihukum, danpengawasansosial.Keadilansosialadalahtindakanadilterhadapsetiap orang danmembebaskansegalapenindasan.Egalitarianismeadalahkesamaantanpadiskriminasibaiketnis, agama, suku, dll.Pluralismeadalahsikapmenghormatikemajemukandenganmenerimanyasecaratulussebagaisebuahanugerahdankebajikan.Supremasihukumadalahmenempatkanhukum di atassegalanyadanmenetapkannyatanpamemandang “atas” dan “bawah”.
PeranUmatBeragamadalamMewujudkanMasyarakatBeradabdan Sejahtera
Bangsa Indonesia adalahbangsa yang plural di manabangsainiterdiridaripelbagaimacamsuku, bahasa, etnis, agama, dll.meskipun plural, bangsainiterikatolehkesatuankebangsaanakibatpengalaman yang sama: penjajahan yang pahitdangetir. KesatuankebangsaanitudideklarasikanmelaluiSumpahPemuda 1928 yang menyatakanikrar: satunusa, satubangsa, dansatubahasa: Indonesia. Kesatuankebangsaan momentum historisnyaadapadaPancasilaketikaiadijadikansebagaifalsafahdanideologinegara. Jikadibandingkan, iasamakedudukannyadenganPiagamMadinah.Keduanya, PancasiladanPiagamMadinahmerupakan platform bersamasemuakelompok yang adauntukmewujudkancita-citabersama, yaknimasyarakatmadani.
Salah satupluralitasbangsa Indonesia adalah agama.Karenaituperanumatberagamadalammewujudkanmasyarakatmadanisangatpenting.Peranitudapatdilakukan, antaralain, melalui dialog untukmengikiskecurigaandanmenumbuhkansalingpengertian, melakukanstudi-studi agama, menumbuhkankesadaranpluralisme, danmenumbuhkankesadaranuntukbersama-samamewujudkanmasyarakatmadani.
HakAsasiManusiadanDemokrasi
HakAsasiManusia (HAM) adalahwewenangmanusia yang bersifatdasarsebagaimanusiauntukmengerjakan, meninggalkan, memiliki, mempergunakanataumenuntutsesuatubaik yang bersifatmaterimaupunimmateri.Secarahistoris, pandanganterhadapkemanusiaan di Barat bermuladariparapemikirYunaniKuno yang menggagashumanisme.Pandanganhumanisme, kemudiandipertegaskembalipadazaman Renaissance.Dari situ kemudianmunculpelbagaikesepakatannasionalmaupuninternasionalmengenaipenghormatanhak-hakasasimanusia.PuncaknyaadalahketikaPerserikatanBangsa-Bangsamengeluarkan Declaration of Human Right, disusulolehketentuan-ketentuan lain untukmelengkapinaskahtersebut.Secaragarisbesar, hakasasimanusiaberisihak-hakdasarmanusia yang harusdilindungi yang meliputihakhidup, hakkebebasan, hakpersamaan,hakmendapatkankeadilan, dll.
Jauhsebelum Barat mengonseptualisasikanhakasasimanusia, terutama, sejakmasa Renaissance, Islam yang dibawaolehRasulullahtelahmendasarkanhakasasimanusiadalamkitabsucinya.Beberapaayatsuci al-Qur’an banyakmengonfirmasimengenaihak-haktersebut: hakkebebasan, hakmendapatkeadilan, hakkebebasan, hakmendapatkankeamanan, dll. Puncakkomitmenterhadaphakasasimanusiadinyatakandalamperistiwa haji Wada di manaRasulullahberpesanmengenaihakhidup, hak
Samahalnyadenganhakasasimanusia, demokrasi yang berartipemerintahandarirakyat, olehrakyatdanuntukrakyat, secarahistoristelahadasejakzamanYunaniKunosebagairesponsterhadappemerintahanotoriter yang tidakmenutuppartisipasirakyatdalamsetiapkeputusan-keputusanpublik. Melaluisejarah yang panjang, sekarangdemokrasidipandangsebagaisistempemerintahanterbaik yang harusdianutolehsemuanegarauntukkebaikanrakyat yang direalisasikanmelaluihakasasimanusia.Hakasasimanusiahanyabisadiwujudkandalamsuatusistem yang demokrasi di manasemuawargamemilikihak yang samauntukberpartisipasidalampenyelenggaraanberbangsadanbernegara.

Samahalnyadenganhakasasimanusia, prinsip-prinsipdemokrasisepertikebebasan, persamaan, dll.terdapatjugadalam Islam. Beberapaayat al-Qur’an mengonfirmasiprinsip-prinsiptersebut.Selainitujuga, praktikRasulullahdalammemimpinMadinahmenunjukkansikapnya yang demokratis.FaktanyaadalahkesepakatanPiagamMadinah yang lahirdariruangkebebasandanpersamaansertapenghormatanhak-hakasasimanusia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Daftar Peserta UN Tahun 2020

Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 dapat di cek di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2019 / 2020 melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/, atau cek Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2020 di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Dengan mengecek Data siswa yang akan mengikuti UN di sekolah Anda tentunya ini akan membantu melihat apakah ada data siswa di sekolah Anda yang masih salah atau sudah benar semua, jika memang data siswa di sekolah Anda ada yang masih salah tentunya dengan segera dilakukan Perbaikan melalui Aplikasi Dapodik oleh Operator Dapodik PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Operator sekolah/PKBM Pusat Kegiatan Be...

PENDAFTARAN PAKET ABC

TELAH DI BUKA PENDAFTARAN TAHUN AJARAN BARU  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM Manunggal Nusantara Cyberschool (MNC) Untuk persiapan UJIAN NASIONAL  Syarat Untuk mendaftar Paket C ( Setara SLTA ) Lulus SMP minimal 3 tahun kebelakang sebelum tahun ajaran mengikuti UN. Contoh: untuk UN 2018 maka harus lulus SMP minimal 2015 kebelakang, 2000, 1995, dst bisa Harus mempunyai Ijazah SMP  Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan Foto Copy Ijazah SMP di Legalisir ASLI sebanyak 5 lembar, fotocopy 3 lembar  Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (5 lembar), 3×4 (8 lembar), 4x6 (2 lembar) berpakaian kemeja putih polos, latar belakang warna merah dan hitam putih Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan  Usia calon siswa tidak dibatasi  (usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas)  Juga menerima Siswa Drop Out SMA/SMK atau Tidak Lulus SMA/SMK . SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN Mengisi Form Pendaftaran  di menu Klik D...

PETUNJUK TEKNIS PENDIRIAN PKBM

PETUNJUK TEKNIS PEMBENTUKAN/PENDIRIAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) I. SOSIALISASI A. Tujuan Sebelum suatu PKBM didirikan di suatu komunitas/kampung/desa perlu dilakukan sosialisasi PKBM kepada seluruh anggota komunitas/kampung/ desa dengan tujuan : 1. Memahami PKBM secara utuh. 2. Memiliki kesadaran akan pentingnya peranan PKBM bagi peningkatan kualitas hidup mereka. 3. Memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam pendirian, pengelolaan dan pengembangan PKBM di komunitas/kampung/desanya. B. Materi Hal-hal yang harus diinformasikan dalam kegiatan sosialisasi PKBM adalah : 1. Konsep PKBM 2. Ruang lingkup dan prinsip-prinsip pendidikan luar sekolah, pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat. 3. Contoh-contoh PKBM yang sudah lebih dahulu berkembang. 4. Manfaat PKBM bagi masyarakat setempat. 5. Proses pendirian dan pengelolaan PKBM. C. Sasaran Yang menjadi sasaran sosialisasi PKBM adalah seluruh anggota komunitas/kampung/desa, terutama :...