Langsung ke konten utama

Discovery learning dan Problem-based learning




Discovery learning

(1)    Pengertian:
Discovery learning merupakan metode pembelajaran kognitif yang menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang dapat membuat peserta didik belajar aktif menemukan pengetahuan sendiri. Bruner (1996) menyarankan agar peserta didik belajar melalui keterlibatannya secara aktif dengan konsep-konsep dan prinsip yang dapat menambah pengalaman dan mengarah pada kegiatan eksperimen.

(2)    kelebihan nya antara lain:
peserta didik belajar aktif, melakukan eksperimen sendiri, mengamati sendiri gejala yang timbul, sehingga bisa menyimpulkan sendiri hasil percobaannya.



(3) contoh penerapan
Contoh menggunakan metode discovery misalkan  peserta didik PKBM MNC  melakukan eksperimen Sains-  Magnet, peserta didik mengamati benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, guru membimbing peserta didik membuat medan magnet dari listrik dan  menyimpulkan tentang sifat-sifat magnet.

 Langkah-langkah pembelajaran discovery yang dilakukan guru adalah:
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran, Membagi petunjuk praktikum/eksperimen
  • Peserta didik PKBM MNC  melaksanakan eksperimen di bawah pengawasan guru
  • Guru menunjukkan gejala yang diamati
  • Peserta didik PKBM MNC  menyimpulkan hasil eksperimen tentang sifat-sifat magnet.

2. Problem-based learning
(1)  Pengertian:
Pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan membuka dialog. Metode ini tepat digunakan pada kelas yang kreatif, peserta didik yang berpotensi akademik tinggi. Metode ini sangat potensial untuk mengembangkan kemandirian peserta didik melalui pemecahan masalah yang bermakna bagi kehidupan siswa.

(2)    Kelebihan nya antara lain:
a.       Penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan yang ada
b.      Terjadi dialog yang menarik dalam diskusi
c.       Mengembangkan kemandirian peserta didik
d.      Kelas kreatif dengan prestasi akademik yang lebih baik

 (3) contoh penerapan
Peserta didik Paket C IPA PKBM MNC di beri tugas -tugas yang dapat diselesaikan melalui pembelajaran berbasis masalah misalkan mempelajari fenomena alam terjadinya pemanasan global, pencemaran air, dan polusi udara.

Langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah polusi udara

1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian memberi tugas atau masalah polusi udara  untuk dipecahkan.

2) Guru menjelaskan logistik yang dibutuhkan, prosedur yang harus dilakukan dan memotivasi peserta didik supaya terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah polusi udara

3) Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)  yang berhubungan dengan masalah tersebut

4) Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, , pengumpulan data, dan merumuskan hipotesis.

 bereksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah polusi udara

5) Guru membantu peserta didik dalam menyiapkan laporan hasil pemecahan masalah yang menjadi tugasnya.

6) Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau mengevaluasi proses-proses penyelidikan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah polusi udara.



Tugas.3

Nama   : RUSYANTI
NIM     : 041149695.
Jurusan : Teknologi Pendidikan UNIVERSITAS TERBUKA





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Daftar Peserta UN Tahun 2020

Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 dapat di cek di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2019 / 2020 melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/, atau cek Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2020 di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Dengan mengecek Data siswa yang akan mengikuti UN di sekolah Anda tentunya ini akan membantu melihat apakah ada data siswa di sekolah Anda yang masih salah atau sudah benar semua, jika memang data siswa di sekolah Anda ada yang masih salah tentunya dengan segera dilakukan Perbaikan melalui Aplikasi Dapodik oleh Operator Dapodik PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Operator sekolah/PKBM Pusat Kegiatan Be...

PENDAFTARAN PAKET ABC

TELAH DI BUKA PENDAFTARAN TAHUN AJARAN BARU  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM Manunggal Nusantara Cyberschool (MNC) Untuk persiapan UJIAN NASIONAL  Syarat Untuk mendaftar Paket C ( Setara SLTA ) Lulus SMP minimal 3 tahun kebelakang sebelum tahun ajaran mengikuti UN. Contoh: untuk UN 2018 maka harus lulus SMP minimal 2015 kebelakang, 2000, 1995, dst bisa Harus mempunyai Ijazah SMP  Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan Foto Copy Ijazah SMP di Legalisir ASLI sebanyak 5 lembar, fotocopy 3 lembar  Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (5 lembar), 3×4 (8 lembar), 4x6 (2 lembar) berpakaian kemeja putih polos, latar belakang warna merah dan hitam putih Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan  Usia calon siswa tidak dibatasi  (usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas)  Juga menerima Siswa Drop Out SMA/SMK atau Tidak Lulus SMA/SMK . SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN Mengisi Form Pendaftaran  di menu Klik D...

PETUNJUK TEKNIS PENDIRIAN PKBM

PETUNJUK TEKNIS PEMBENTUKAN/PENDIRIAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) I. SOSIALISASI A. Tujuan Sebelum suatu PKBM didirikan di suatu komunitas/kampung/desa perlu dilakukan sosialisasi PKBM kepada seluruh anggota komunitas/kampung/ desa dengan tujuan : 1. Memahami PKBM secara utuh. 2. Memiliki kesadaran akan pentingnya peranan PKBM bagi peningkatan kualitas hidup mereka. 3. Memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam pendirian, pengelolaan dan pengembangan PKBM di komunitas/kampung/desanya. B. Materi Hal-hal yang harus diinformasikan dalam kegiatan sosialisasi PKBM adalah : 1. Konsep PKBM 2. Ruang lingkup dan prinsip-prinsip pendidikan luar sekolah, pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat. 3. Contoh-contoh PKBM yang sudah lebih dahulu berkembang. 4. Manfaat PKBM bagi masyarakat setempat. 5. Proses pendirian dan pengelolaan PKBM. C. Sasaran Yang menjadi sasaran sosialisasi PKBM adalah seluruh anggota komunitas/kampung/desa, terutama :...