Langsung ke konten utama

Manfaat dan Teknik Membaca Cepat


Membaca cepat adalah sebuah teknik membaca dengan kecepatan tinggi atau diatas rata-rata dan dibarengi dengan pemahaman bacaan yang tinggi juga.

Manfaat Membaca Cepat

1. Mudah mengenali Topik
Banyak bacaan yang tidak dapat hanya dilihat dari cover atau tampilannya saja oleh karena itu sebaiknya dalam hal memilih bacaan baik itu sifatnya buku/majalah/artikel di internet memakai teknik membaca cepat untuk mengetahui sekilas apa topik bacaan tersebut apakah cocok dengan anda atau tidak sehingga meminimalisir kesalahan pemilihan bahan bacaan dan informasi yang diperlukan.

2. Mengetahui pendapat san pemikiran  orang lain  dengan cepat
dengan teknik membaca cepat anda tentu dapat mengetahui pendapat atau isi dari bacaan tersebut dengan waktu singkat. Cara membaca cepat sangat mudah yaitu anda hanya perlu membaca awal paragraf dan akhir paragraf yang umumnya memuat kesimpulan atas apa isi bacaan tersebut.

3. Untuk mendapatkan bagian penting dalam bacaan
 Anda tidak harus dengan membaca secara detail keseluruhan dari bacaan namun dapat dengan menggunakan teknik membaca cepat

4. Mengetahui ide pokok 
Dengan membaca cepat anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana ide pokok dan pikiran yang terkandung dalam tulisan. Apabila dengan mudah kita mengetahui ide pokok dan pikiran yang ada pada bacaan tentu kita akan lebih mudah memahami keterkaitan satu sama lain.

5. Mengingat Kembali
Biasanya membaca cepat juga dilakukan saat menjelang ujian atau menyampaikan ceramah dengan tujuan agar kita kembali mengingat lagi mengenai apa yang mau kita sampaikan dari bacaan yang sudah kita baca.

6. Menghemat waktu
Dengan membaca cepat kita akan menghemat waktu yang ada karena kita membaca dan menyerap makna kata per kata yang ada dengan singkat dan tepat. Selain itu kita juga dapat mengehemat waktu karena kita dapat melewati bagian-bagian yang tidak memiliki manfaat atau yang diperlukan dalam bacaan.



Teknik Membaca Skimming
Dalam membaca cepat dikenal teknik skimming dan scanning. Sekilas kedua cara ini sepertinya sama, meskipun sebenarnya berbeda. Skimming dilakukan untuk melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya. Sementara scanning adalah mencari satu jenis informasi tertentu dalam bahan bacaan.


Bayangkan jika Anda harus membaca buku setebal 300 halaman. Apakah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu?

Apakah langsung mulai membaca dari halaman pertama sampai terakhir?

Apakah membaca halaman paling depan, halaman belakang dan daftar isi terlebih dahulu?

Jika Anda berencana membaca suatu buku dengan halaman yang cukup banyak misalkan 50 – 300 halaman, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat sekilas apa yang dibahas dalam buku tersebut. Dalam proses membaca, teknik ini dikenal dengan istilah melakukan preview atas isi buku. Dan untuk melakukannya digunakan skimming.



Bagaimana Melakukan skimming?
Skimming dilakukan dengan cara membaca judul bab, sub bab, dan beberapa alinea pertama dalam setiap bab-nya. Jika buku tersebut memuat kesimpulan dalam tiap bab, maka Anda dapat pula membaca sekilas ringkasan tadi.

Fungsi skimming adalah mendapatkan ide utama tentang topik bacaan, bukan detailnya. Jadi skimming dapat dikatakan berhasil jika Anda bisa mendapatkan ide pokok dan bisa membayangkan apa yang dibahas dalam keseluruhan isi buku secara umum.


Fungsi Skimming
Selain untuk melakukan pembacaan sekilas, skimming juga berguna dalam banyak proses membaca lainnya. Adapun beberapa alasan mengapa skimming dapat dilakukan tanpa harus terlalu khawatir kehilangan makna adalah:


Kebanyakan kalimat hanya memiliki beberapa kata penting yang menjadi pembentuk strukturnya. Dengan menghilangkan kata-kata lain yang tidak terlalu penting, maka makna kalimat sudah dapat ditangkap tanpa harus kehilangan makna sesungguhnya. Pada kesempatan yang akan datang saya akan membahas hal ini yang dikenal pula dengan nama telegraphic reading.

Dalam bahan bacaan yang cukup tebal, tidak semua bagian memiliki tingkat kesulitan yang sama. Ada bagian tertentu yang memang relatif lebih ringan dan mudah dipahami dibandingkan dengan bagian yang lain. Bagian yang ringan dapat dibaca dengan sangat cepat lewat skimming sedangkan bagian yang lebih sulit dibaca secara lebih lengkap dan teliti.

Ada kata-kata tertentu yang sangat penting dan berperan dalam membentuk struktur kalimat yakni subjek dan predikat. Masing ingat pelajaran bahasa Indonesia dulu? Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK)? Dengan menguasai struktur kalimat dalam bahan bacaan dan menguasai terutama Subjek dan Predikat, maka inti bacaan sudah dapat dikenali. Karena itu, berfokuslah pada kata benda dan kata kerja. Selain itu, kuasai pula kata-kata penghubung yang bisa mengubah makna kalimat secara nyata jika kata-kata tersebut dihilangkan. Kata-kata tersebut antara lain: tidak, bukan, meskipun, akan tetapi, sebaliknya, pada sisi yang lain, dst.


Proses Skimming
Karena skimming berguna untuk mendapatkan gambaran umum suatu bahan bacaan, maka perlu koordinasi yang baik ketika melakukan skimming dengan otak yang aktif bertanya, menganalisa, membandingkan, serta membuat kesimpulan.

Oleh karena itu, jangan dianggap skimming seperti membaca sambil lalu. Sebaliknya, dibutuhkan proses membaca aktif di mana semua indera yang terlibat bekerja, mulai dari mata, otak, bahkan indra lain seperti penciuman dan pendengaran. Membaca aktif adalah ketika Anda seolah-olah masuk ke dalam bahan bacaan itu sendiri dan bisa mendengar, mencium serta merasakan apa-apa yang dituliskan.

Sumber:  
https://www.muhammadnoer.com/teknik-membaca-skimming/
https://manfaat.co.id/6-manfaat-membaca-cepat-hambatan-dan-cara-mudahnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN

Konfirmasi Pembayaran : Rusyanti HP / WA: 083813960556
 Bank Mandiri, No Rek: 1640002829473
a/n Yayasan Bina Edukasi Nusantara

Bank BCA : No Rek: 4730485862 , a/n. Rusyanti
www.mnc.sch.id

SILABUS KURIKULUM K13 PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A, B DAN C

Dalam rangka mengantisipasi implementasi kurikulum 2013 pada pendidikan kesetaraan, maka Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan pada tahun 2017 bersama dengan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud telah merumuskan model silabus.


Model silabus yang dikembangkan ini diharapkan dapat menjadi acuan, pedoman, inspirasi, referensi atau diadaptasi, diadopsi dan digunakan pendidik/tutor, satuan pendidikan atau kelompok satuan pendidikan dalam menyusun silabus pembelajaran dan RPP yang lebih tepat, kreatif, efektif, efisien, inovatif dan sesuai dengan kebutuhan, kapasitas dan karakteristik peserta didik dan satuan pendidikan.


Silabus merupakan garis-garis besar kegiatan pembelajaran dari mata pelajaran/tema tertentu untuk mencapai kompetensi dalam kurikulum melalui materi pembelajaran dan dilengkapi dengan indikator pencapaian kompetensi untuk memandu penilaiannya. Pengembangan silabus disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, kapasitas dan karakterisô€†ź k peserta didik, sa…

Lanjutkan sekolah anda sambil bekerja

Mau kuliah belum punya ijazah ? Ayo Lanjutkan sekolah anda sambil bekerja
Segera daftarkan diri anda ke Sekolah paket C PKBM, Homeschooling dan Bimbel

Community Learning center ( CLC) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Yayasan Bina Edukasi Nusantara- Manunggal Nusantara Cyber school
http://www.mnc.sch.id

Menerima Peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020
Pendaftaran TA. 2019/2020 ditutup bulan juni 2019

*Program Kesetaraan*
*Paket A Setara (SD/MI)*
*Paket B Setara (SMP/MTs)*
*Paket C Setara (SMA/MA)*

Bisa daftar via ONLINE  klik didini...


*Homeschooling*
*Bimbel Online atau private*
*Kursus Komputer*

Untuk info
Hp / Wa :083813960556 atau +62 815-1132-0298


Alamat :
1. Yayasan Bina Edukasi Nusantara
Manunggal Nusantara  Cyber school
Menara 165 lantai 4
Jl Tb Simatupang, Cilandak Jakarta Selatan

Telpon No : 021- 50812001 Ext: 611
Fax No : 021 -50812003

Atau

2. Manunggal Nusantara CyberSchool –
Educenter Lt.2 Kav Commercial International School II No 8 BSD City,
 Jalan Sekolah Foresta, BSD …