![]() |
Teknik pembelajaran Orang Dewasa PKBM MNC di Baduy |
CBLP atau Cara Belajar Lewat Pengalaman
Adalah suatu teknik pembelajaran Orang Dewasa dengan beragam pengalaman dan karakteristiknya antara lain yaitu, dengan pertukaran pendapat, komunikasi timbal balik, suasana yang menyenangkan dan menantang, akan belajar jika pendapatnya dihormati, , saling percaya antara pembimbing dan peserta didik, umumnya mempunyai pendapat yang berbeda karena memiliki kecerdasan yang beragam memungkinkan terjadinya berbagai cara belajar dan torientasi pada kehidupan nyata.
![]() |
Kelompok Belajar PKBM MNC di Baduy Luar |
Strategi Pembelajaran Orang Dewasa, ada dua strategi belajar, yaitu: (a) Strategi belajar yang dirancang untuk membantu orang membantu menata pengalaman masa lampau yang dimilikinya dengan cara baru proses penataan pengalaman/penataan kembali, dan (b) strategi belajar yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru (proses perluasan pengalaman).
Berdasarkan tujuan di atas diketahui bahwa dalam pembelajaran orang dewasa ada dua tujuan dalam pembelajaran, yaitu bagi yang sudah mempunyai pengetahuan dan belum.
Pembelajaran orang dewasa menggunakan pembelajaran partisipatif, yaitu keterlibatan atau peran serta peserta pelatihan dan pengaturan lainnya yang menyangkut materi pelatihan, waktu penyelenggaraan, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya pada pembelajaran partisipatif fasilitator tidak menggurui dan selalu berceramah, tetapi selalu melibatkan peserta dalam kegiatan.
Strategi nya antara lain :
Dengan pembelajaran yang praktis dan berpusat pada masalah, yaitu belajar dengan memecahkan masalah , pembelajaran dengan cara meningkatkan harga diri mereka pembelajaran akan semakin meningkat seiring dengan kepercayaan diri mereka, dengan memberikan perhatian secara individual
![]() |
Kejar Paket C PKBM MNC |
AKOSA (Alami, Kemukakan, Olah, Simpulkan dan Aplikasi)
Adalah proses belajar sekolah yang dilaksanakan melalui tahap-tahap AKOSA (Alami, Kemukakan, Olah, Simpulkan dan Aplikasi), agar mampu mengidentifikasi kebutuhan, memecahkan masalah, menganalisis, dan mengambil keputusan yang rasional dengan menerapkan ilmu dan keterampilan dalam melaksanakan usahanya..
Dengan cara :
1. Memberikan kesempatan mengidentifikasi kebutuhan sesuai ilmu dan keterampilannya
2. Memberikan keterampilan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya ditempat yang sesuai dengan keadaan dan masalah yang dihadapi sehari-hari.
3. Belajar menganalisa dan mengambil yang rasional tentang tindakan yang akan dilaksanakan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki nya
4. Belajar bekerja sama dalam proses belajar secara berkelanjutan.
Proses belajarnya adalah “dari, oleh, dan untuk mereka”. Kegiatan dari wadah belajar usaha petani adalah : pengembangan lahan belaja, laboratorium mini, pengembangan dokumentasi dan belajar bersama dann pengembangan jaringan usaha mereka.
Tugas.3
NAMA : RUSYANTI
NIM : 041149695
JURUSAN : Teknologi Pendidikan UNIVERSITAS TERBUKA
Komentar
Posting Komentar