Langsung ke konten utama

UJI COBA SISTEM ONLINE AKREDITASI SISPENA 3.0



 Memasuki tahun 2020 BAN PAUD dan PNF melaksanakan kebijakan penting dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni moratorium akreditasi. Dalam waktu bersamaan, tahun ini juga terjadi pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang melanda dunia. 

Kebijakan moratorium meniscayakan BAN PAUD dan PNF meninjau kembali seluruh sistem akreditasi. Sedangkan pandemi Covid-19 memaksa penyelenggaraan kegiatan BAN PAUD dan PNF dilakukan secara online melalui kebijakan bekerja dari rumah (Work from Home/WfH).

 Dengan dua peristiwa tersebut BAN PAUD dan PNF mengatur kembali hampir semua kebijakan, mekanisme dan program kerja akreditasi yang akan dijalankan secara virtual.  Untuk meningkatkan kualitas akreditasi dengan menggunakan Sispena 3.0 dan pemeliharaan database serta sistem aplikasi yang digunakan, maka dilaksanakanlah kegiatan Uji Coba Sistem.

 Kegiatan ini  bertujuan untuk menguji sistem, terutama dalam dua aspek, yakni: (1) mencermati adanya bug (persoalan) sistem dalam Sispena 3.0; dan (2) melihat user friendly (kenyamanan bagi pengguna) dalam mempraktikkan pengisian dan penilaian akreditasi melalui Sispena 3.0. 

Berdasarkan pengalaman BAN PAUD dan PNF menggunakan aplikasi  Sispena 3.0 yang terdiri dari Evaluasi  Diri  Satuan  Prasyarat Akreditasi (EDS-PA) dan Instrumen Penilaian Visitasi (IPV) yang sebelumnya disebut Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA), telah ditemukan beberapa permasalahan dalam pelaksanaan akreditasi, yakni: Sistem admin untuk updating data belum secara mandiri dapat dilakukan dikarenakan masih adanya sumber data eksternal yang pengelolaannya belum sepenuhya dilakukan bersama (contoh: Dapodik, EMIS, dan sumber data lainnya); 

Pengelolaan database eksternal sebagaimana yang dikemukakan pada poin 1 akan menentukan seberapa jauh data satuan mutakhir yang digunakan untuk penilaian akreditasi dapat digunakan di dalam pelaksanaan akreditasi tahun berjalan;

 Desain prosedural pendataan Sispena 3.0 mulai dari tahapan pengisian EDS- PA oleh satuan pendidikan sampai tahapan Validasi dan Verifikasi untuk menetapkan hasil akreditasi memerlukan pengelolaan data yang akurat, tepat guna, tepat waktu untuk memfungsikan sistem ini dalam pelaksanaan akreditasi; Mekanisme pelibatan para pemangku kepentingan dalam pengelolaan data satuan pendidikan perlu dikembangkan dan dibina di dalam seluruh tahapan pelaksanaan akreditasi. 


Kegiatan Uji Coba Sistem dilaksanakan di 34 BAN PAUD dan PNF Provinsi yang dibagi dalam lima tahap, meliputi: (1) Tahap 1: 11-13 September 2020 (7 Provinsi); (2) Tahap 2: 14-16 September 2020 (7 Provinsi); (3) Tahap 3: 17-19 September 2020 (7 Provinsi); (4) Tahap 4: 23-25 September 2020 (6 Provinsi); dan (5) Tahap 5: 28-30 September 2020 (7 Provinsi). 


Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dengan alokasi waktu 8 jam/hari, waktu pelaksanaan kegiatan mulai pukul 08.00 – 16.00 (waktu setempat). Tempat pelaksanaan di Virtual Room Meeting yang disediakan BAN PAUD dan PNF Provinsi. Para peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Narasumber dari BAN PAUD dan PNF sebanyak 2 orang, Anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi, Operator Dapodik Kabupaten/Kota, Operator EMIS Kemenag, Asesor PAUD, LKP dan PKBM, serta satuan pendidikan PAUD dan PNF. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan adanya masukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam sistem pelaksanaan akreditasi dan pemeliharaan database hasil akreditasi.


Sumber dari: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/uji-coba-sistem-untuk-pengembangan-akreditasi , Oleh: Afriyanto Subekti, S.Si



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Daftar Peserta UN Tahun 2020

Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 dapat di cek di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2019 / 2020 melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/, atau cek Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 di Manajemen PDUN, Cara Login PDUN 2020 sudah dapat Anda lakukan, karena saat ini Nama-nama siswa yang akan mengikuti UN Tahun 2019 telah keluar pada laman tersebut. Cek Peserta UN Tahun 2020 di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Dengan mengecek Data siswa yang akan mengikuti UN di sekolah Anda tentunya ini akan membantu melihat apakah ada data siswa di sekolah Anda yang masih salah atau sudah benar semua, jika memang data siswa di sekolah Anda ada yang masih salah tentunya dengan segera dilakukan Perbaikan melalui Aplikasi Dapodik oleh Operator Dapodik PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Operator sekolah/PKBM Pusat Kegiatan Be

PENDAFTARAN PAKET ABC

TELAH DI BUKA PENDAFTARAN TAHUN AJARAN BARU  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM Manunggal Nusantara Cyberschool (MNC) Untuk persiapan UJIAN NASIONAL  Syarat Untuk mendaftar Paket C ( Setara SLTA ) Lulus SMP minimal 3 tahun kebelakang sebelum tahun ajaran mengikuti UN. Contoh: untuk UN 2018 maka harus lulus SMP minimal 2015 kebelakang, 2000, 1995, dst bisa Harus mempunyai Ijazah SMP  Mengisi Formulir Pendaftaran yang sudah disediakan Foto Copy Ijazah SMP di Legalisir ASLI sebanyak 5 lembar, fotocopy 3 lembar  Menyerahkan Pas foto ukuran 2×3 (5 lembar), 3×4 (8 lembar), 4x6 (2 lembar) berpakaian kemeja putih polos, latar belakang warna merah dan hitam putih Membayar Uang Pendaftaran dan pendidikan sesuai ketentuan  Usia calon siswa tidak dibatasi  (usia wajar dikmen – diatas 12 tahun keatas)  Juga menerima Siswa Drop Out SMA/SMK atau Tidak Lulus SMA/SMK . SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN Mengisi Form Pendaftaran  di menu Klik Daftar/submit  sesuai dengan Kelas Wajib

PETUNJUK TEKNIS PENDIRIAN PKBM

PETUNJUK TEKNIS PEMBENTUKAN/PENDIRIAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) I. SOSIALISASI A. Tujuan Sebelum suatu PKBM didirikan di suatu komunitas/kampung/desa perlu dilakukan sosialisasi PKBM kepada seluruh anggota komunitas/kampung/ desa dengan tujuan : 1. Memahami PKBM secara utuh. 2. Memiliki kesadaran akan pentingnya peranan PKBM bagi peningkatan kualitas hidup mereka. 3. Memiliki kemauan untuk berpartisipasi dalam pendirian, pengelolaan dan pengembangan PKBM di komunitas/kampung/desanya. B. Materi Hal-hal yang harus diinformasikan dalam kegiatan sosialisasi PKBM adalah : 1. Konsep PKBM 2. Ruang lingkup dan prinsip-prinsip pendidikan luar sekolah, pendidikan untuk semua dan pendidikan sepanjang hayat. 3. Contoh-contoh PKBM yang sudah lebih dahulu berkembang. 4. Manfaat PKBM bagi masyarakat setempat. 5. Proses pendirian dan pengelolaan PKBM. C. Sasaran Yang menjadi sasaran sosialisasi PKBM adalah seluruh anggota komunitas/kampung/desa, terutama :