Prinsip Dasar Teori Belajar Kognitif
Setiap orang dalam bertingkah laku dan mengerjakan segala sesuatu senantiasa dipengaruhi oleh tingkat-tingkat perkembangan dan pemahaman atas dirinya sendiri
Belajar merupakan proses internal yang tidak dapat diamati secara langsung
Belajar merupakan peristiwa mental yang berhubungan dengan berpikir, perhatian, persepsi, pemecahan masalah, dan kesadaran
Perubahan tingkah laku yang tampak sesungguhnya adalah refleksi dari perubahan interaksi persepsi dirinya terhadap sesuatu yang diamati dan dipikirkan
Guru harus memperhatikan perilaku siswa yang tampak seperti penyelesaian tugas rumah, hasil tes, dan juga harus memperhatikan faktor manusia dan lingkungan psikologisnya
Kemampuan berpikir manusia tidak sama dan tidak tetap dari waktu ke waktu
Tujuan Teori Belajar Kognitif
Teori belajar kognitif menjelaskan bagaimana seseorang mencapai pemahaman atas dirinya dan lingkungannya lalu menafsirkan bahwa diri dan lingkungan psikologisnya merupakan faktor-faktor yang saling terkait
Teori belajar kognitif dikembangkan berdasarkan tujuan yang melatarbelakangi perilaku, cita-cita, cara-cara, dan bagaimana seseorang memahami diri dan lingkungannya dalam usaha untuk mencapai tujuan dirinya
Pemahaman yang diperoleh dinamakan insight
Komentar
Posting Komentar