PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)
Merdeka Belajar PKBM MNC belajar Online
Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) melalui penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Kemendiknas dalan surat edaran tersebut menyampaikan pedoman sebagai berikut:
- Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19; dan
- Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari Rumah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Surat Edaran nya.
TUJUAN, PRINSIP, METODE DAN MEDIA PELAKSANAAN BELAJAR DARI
RUMAH
A. Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19 bertujuan untuk:
- memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19;
- melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19;
- mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan; dan
- memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.
B. Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19), yaitu:
- keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;
- kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;
- BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19;
- materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik;
- aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masingmasing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR;
- hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif; dan
- mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.
C. Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
BDR dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan:
1. pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring)
2. pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring)
Dalam pelaksanaan PJJ, satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring atau kombinasi keduanya) sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana.
1. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh Daring
Pembelajaran di rumah secara daring dapat menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring, diantaranya:
a. Informasi terkait COVID-19
SUMBER INFORMASI TAUTAN
1. Informasi penanganan COVID-19
oleh Gugus Tugas Percepatan
Penanganan COVID-19
https://covid19.go.id/
2. Portal informasi pendidikan
Kemendikbud selama COVID-19
http://bersamahadapikoron
a.kemdikbud.go.id/
b. Media Pembelajaran Daring
SUMBER DAN MEDIA TAUTAN:
- Rumah Belajar oleh Pusdatin Kemendikbud. https://belajar.kemdikbud.go .id
- TV edukasi Kemendikbud. https://tve.kemdikbud.go.id/ live/
- Pembelajaran Digital oleh Pusdatin dan SEAMOLEC. Kemendikbud. http://rumahbelajar.id
- Tatap muka daring program sapa duta rumah belajar Pusdatin Kemendikbud. pusdatin.webex.com.
- LMS SIAJAR oleh SEAMOLEC, Kemendikbud. http://lms.seamolec.org
- Aplikasi daring untuk paket A,B,C. http://setara.kemdikbud.go.id/
- Guru berbagi http://guruberbagi.kemdikbud.go.id
- Membaca digital http://aksi.puspendik.kemdi kbud.go.id/membacadigital/
- Video pembelajaran http://video.kemdikbud.go.id /
- Suara edukasi Kemendikbud https://suaraedukasi.kemdik bud.go.id/
- Radio edukasi Kemendikbud https://radioedukasi.kemdik bud.go.id/
- Sahabat keluarga -- Sumber Informasi dan bahan ajar pengasuhan dan pendidikan keluarga https://sahabatkeluarga.kem dikbud.go.id/laman/
- Ruang guru PAUD Kemendikbud http://anggunpaud.kemdikb ud.go.id/
- Buku sekolah elektronik https://bse.kemdikbud.go.id/
- Mobile edukasi - Bahan ajar multimedia https://medukasi.kemdikbud.go.id/me dukasi/
- Modul Pendidikan Kesetaraan https://emodul.kemdikbud.g o.id/
- Sumber bahan ajar siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. https://sumberbelajar.seamol ec.org/
- Kursus daring untuk Guru dari SEAMOLEC. http://mooc.seamolec.org/
- Kelas daring untuk siswa dan Mahasiswa http://elearning.seamolec.org /
- Buku digital open-access http://pustakadigital.kemdikbud.go.id/
Selain yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud), terdapat juga sumber dan media pembelajaran yang
dikelola oleh mitra penyedia teknologi pembelajaran yang dapat dilihat
daftarnya pada laman
https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/category/aplikasipembelajaran/
2. Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Luring
Pembelajaran di rumah secara luring dalam masa BDR dapat
dilaksanakan melalui:
a. televisi, contohnya Program Belajar dari Rumah melalui TVRI;
b. radio;
c. modul belajar mandiri dan lembar kerja;
d. bahan ajar cetak; dan
e. alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.
Untuk pedoman selengkap nya dapat di;ihat pada lampiran di bawah ini:
Demikianlah sobat semua semoga bermanfaat - dan Belajar Jadi Mudah dan Merdeka Belajar
Salam satudata
Untuk informasi Sekolah Kejar Paket ABC dan Homeschooling hub
PKBM MNC Cyberschool
di WA: 083813960556
Komentar
Posting Komentar