Penentuan KKM yang berbeda akan mengakibatkan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda. Misalnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor.
Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, misalnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan. Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor.
Setelah KKM setiap muatan/mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan dapat ditetapkan dengan memilih KKM yang terendah dari seluruh KKM muatan/ mata pelajaran. Misalnya, suatu sekolah berdasarkan hasil analisis menentukan satu KKM untuk seluruh mata pelajaran 60.
Rentang predikat dapat menggunakan satu ukuran yang sama di satu sekolah. Misalnya, KKM satuan pendidikan 60, berarti predikat Cukup dimulai dari nilai 60. Rentang predikat untuk semua mata pelajaran menggunakan rumus sebagai berikut:
YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH RENTANG PREDIKAT TIDAK BULAT ATAU ADA ANGKA DI BELAKANG KOMA
Maka kita bisa memilih angka bulat terdekat, maksudya seperti pada yang di contohkan diatas
Contoh Rentang Predikat Dari Beberapa KKM KKM Satuan Pendidikan *)
*) KKM Satuan Pendidikan menggunakan angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/minimal.
Dari uraian tersebut diatas dapat diketahui. untuk rentang Predikat A (Sangat Baik), B ( Baik), C (Cukup), D (Perlu Bimbingan) berdasarkan pada KKM Satuan Pendidikan.
Komentar
Posting Komentar